Cara Melaksanakan Sholat Tahajud Lengkap Dengan Dzikir dan Doa

Sebenarnya Cara Mengerjakan atau Melaksanakan Shalat Sunah Tahajud tidak berbeda dengan cara melaksanakan shalat yang lain, yakni diawali dengan Takbiratul Ihram yang dibarengi dengan Niat Shalat dan diakhiri dengan Salam. Tentu saja niatnya berbeda dengan bacaat niat shalat lainnya. Selain itu salah satu cara melaksanakan sholat tahajjud ini adalah dilakukan setelah sholat isya’ dan harus tidur dulu. Minimal 2 rakaat dan tidak ada batasan pasti jumlah maksimalnya.

Selanjutnya waktu Melaksanakan Shalat Sunah Tahajud dilakukan hanya pada malam hari setelah Shalat Isya sampai masuk waktu shalat subuh dan Cara Shalat Tahajud sendiri dilakukan setelah anda tertidur atau bangun tidur walaupun tidur anda hanya sebentar sekali, Sehingga jika anda mengerjakan Shalat Sunah Tahajud ini sebelum anda tidur dahulu maka bisa dipastikan bahwa Shalat tersebut hanya shalat sunah biasa (witir) bukan Shalat Sunah Tahajud.


CARA MELAKSANAKAN SHOALAT TAHAJUD


panduan cara melaksanakan sholat tahajjud lengkap doa dzikir


Adapun Waktu Shalat Tahajud sebaiknya dilakukan pada saat tengah malam atau sekitar jam 01.00 pagi sampai waktu Subuh karena waktu tersebut merupakan waktu paling utama untuk mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud ini. Walaupun dikerjakan di tengah malam namun Keutamaan Shalat Tahajud ini sangatlah banyak yang antara lain Alloh akan melindungi anda dari segala macam bencana atau bala, Wajah akan nampak bersinar, akan dicintai oleh Alloh dan hamba Alloh, akan mendapatkan pahala yang banyak, akan diampuni segala dosa – dosanya dan akan di kabulkan segala hajat dan doanya.

Untuk Manfaat Shalat Tahajud diatas sudah di terangkan oleh Firman Alloh Swt pd Surat Bani Israil ayat 79 yang berbunyi, ” Hendaknya kamu gunakan sebagian waktu malam itu untuk shalat Sunat tahajud, sebagai shalat sunah untuk dirimu, mudah – mudahan Alloh (Tuhan) akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang lebih baik (S. Bani Israil, Ayat ; 79)

Lafadz Bacaan Niat Shalat Tahajud

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّه تَعَالَى

USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA
(Aku Niat Shalat Sunah Tahajud dua raka’at karena Alloh Ta’ala )

Setelah membaca Niat Shalat Sunah Tahajud lalu dilanjut dengan membaca Doa Shalat Tahajud Surat Al Fatihah, lalu membaca Suratan pd Rakaat pertama dan Rakaat kedua, Ruku, Itidal, Sujud sampai yang terakhir Salam.

Bacaan doa shalat tahajud sholat tahajjud


Setelah membaca Surat Al Fatihah seperti diatas anda bisa membaca Surat An Nas di Raka’at pertama seperti dibawah ini:

Doa sholat tahajjud dan cara melaksanakan


Kemudian anda Ruku, Itidal, Sujud dan kembali ke Raka’at Kedua dan membaca lagi Surat Al Fatihah, kemudian membaca Surat-surat pendek pada Raka’at kedua. Untuk Bacaan Suratnya bisa dengan membaca Surat Al Falaq seperti dibawah

cara melaksanakan sholat tahajjud dan doa tahajud


Kenapa harus  membaca bacaan Surat An-Nas dan Al Falaq seperti diatas? Jawabannya adalah karena kedua Surat tersebut mempunyai pengertian untuk memohon perlindungan kepada Alloh dari segala macam godaan setan. Namun anda bisa membaca Surat yang lainnya di masing – masing Raka’atnya, tidak harus membaca Surat Al Falaq dan Surat An Nas, seperti surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas.

Bacaan Doa dan Dzikir Setelah Shalat Tahajud Lengkap

Setelah anda melaksanakan Shalat Sunah Tahajud maka sebaiknya anda duduk dengan khusyu sambil membaca bacaan Doa dan dzikir Setelah Shalat Tahajud atau di awali dulu dengan bacaan – bacaan dzikir seperti membaca Istighfar,Tasbih, Tahmid, dan Shalawat Nabi. Sebab dengan membaca dzikir kita menjadi lebih dekat dengan Alloh.

bacaan doa sholat tahajjud dan cara melaksanakan

Bacaan Dzikir Istighfar tersebut sebaiknya dibacakan sebanyak – banyaknya atau minimal sebanyak 100 kali, setelah itu bisa dilanjutkan dengan membaca Tasbih dan Shalawat Nabi.

cara melaksanakan sholat tahajjud dan doa


Bacaan Dzikir Tasbih (diatas) dan Shalawat Nabi Muhammad Saw (dibawah) dibacakan sebanyak 32 kali atau lebih

cara melaksanakan sholat tahajjud dan doa nya


Harus dipahami  bahwa fungsi dari Berdzikir itu untuk semakin mendekatkan diri kita kepada Sang pecipta Alloh Swt sehingga sebaiknya di bacaan dengan ikhlas dan khusyu. Setelah anda selesai Berdzikir anda bisa melanjutkan membaca Bacaan Doa Setelah Shalat Tahajud dibawah ini.

Baca juga : Cara Islam Memutus Siklus Anak Nakal

Doa setelah sholat sunat tahajjud

Seandainya anda belum hafal Bacaan Doa Setelah Shalat Tahajud diatas, maka anda bisa mengamalkan doa ini dengan membaca secara langsung tanpa harus menghafalkanya atau anda bisa Berdoa Setelah Shalat Sunah Tahajud dengan bahasa anda sendiri (Bahasa Indonesia) karena Alloh Maha Pintar lagi Maha Mendengarkan sehingga Alloh pasti bisa mendengarkan bacaan doa anda.

Setelah selesai membaca Doa Setelah Shalat Tahajud tersebut, maka anda bisa berbaring kembali ketempat tidur anda sambil membaca Ayat Kursi, Kemudian Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas atau anda bisa sambil menunggu Waktu Shalat Subuh dengan membaca bacaan Ayat Suci Al-Qur’an.

Demikian uraian singkat tentang tata cara melaksanakan sholat Tahajjud lengkap dengan doa dan dzikirnya. Semoga bisa menjadi panduan anda dalam meengerjakan sholat tahajud. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Cara Melaksanakan Sholat Tahajud Lengkap Dengan Dzikir dan Doa"

Back To Top