Jangan Lupa Besok Puasa Arafah 2017. Ini 5 Manfaatnya !

Puasa Arafah adalah puasa yang dilakukan oleh kaum muslimin pada tanggal 9 Dzulhijjah atau sehari menjelang hari ‘Idul Adha. Untuk tahun ini artinya jatuh pada hari  KAMIS, 31 Agustus 2017. Puasa Arafah ini mempunyai fadhilah yang sangat  besar, yaitu menghapus dosa 2 tahun, 1 tahun sebelumnya dan 1 tahun sesudahnya. Rugi kan jika tidak puasa?

Jangan Lupa Besok Puasa Arafah 2017. Ini 5 Manfaatnya !


Apakah hanya itu? Tidak. Secara kesehatan juga ada banyak manfaatnya. Puasa Arafah yang akan dijalankan umat muslim menjelang Idul Adha pada Jumat, 1 September 2017 ini mempunyai banyak manfaat dari sisi kesehatan. Selama ribuan tahun, berpuasa dianggap sebagai kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan raga.

Kini puasa dilakukan oleh banyak orang, bukan umat Islam saja. Bahkan ada diet yang dilakukan dengan cara berpuasa dan banyak pesohor sudah melakukannya.

Seperti dilansir Daily Mail, diet dengan berpuasa diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan berikut beberapa di antaranya.

1 Meningkatkan toleransi glukosa

Resistensi insulin disebabkan berkurangnya kemampuan tubuh membuang kelebihan glukosa dari darah. Kelebihan glukosa itu kemudian diubah menjadi lemak dan ditampung di jaringan-jaringan yang sebenarnya tidak layak untuk menyimpan lemak. Karena tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi saat berpuasa, timbunan lemak pun akan berkurang, dan sel-sel kembali mendapatkan fungsinya untuk mengontrol insulin dan sensitivitas glukosa. 

2 Membangun rutinitas

Berpuasa mungkin terasa berat pada hari-hari pertama, apalagi bila kita dikelilingi orang-orang yang tidak berpuasa. Namun bila sudah terbiasa dan kita mampu mengontrol waktu makan, maka berpuasa menjadi lebih mudah dijalani.

3 Memperbaiki kesehatan kulit

Banyak kondisi kulit yang terkait dengan pola makan. Kulit sehat bisa didapat dengan mengkonsumsi sayuran, serat, dan menghindari makanan olahan. Berpuasa adalah salah satu cara mengontrol pola makan dan mengurangi makanan tak sehat.

4 Meningkatkan daya tahan tubuh

Berkurangnya berat badan karena berpuasa juga akan memangkas lemak tubuh. Akibatnya kondisi kesehatan pun membaik, terutama berkaitan dengan fungsi jantung, baik pencegahan kanker, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Baca: 5 Kalimat yang Haram Diucapkan pada Penderita Cemas)

5 Memperbaiki fokus

Bila mampu mengontrol makanan yang masuk ke tubuh, berarti kepedulian kita pada tubuh baik. Kesadaran ini berdampak pada berkurangnya stres dan kegelisahan, serta membuat kita lebih fokus.

Namun tak semua orang bisa melakukan diet dengan berpuasa. Siapa saja yang tak boleh berpuasa?

Orang yang berat badannya kurang
Anak-anak
Wanita hamil dan menyusui
Orang yang memiliki masalah makan
Orang yang baru menjalani operasi
Orang yang sakit atau demam
Orang yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya obat diabetes


Jadi jika anda tidak mempunyai halangan apapun, sebaiknya besok berpuasa sunnah Arafah. Semoga bermanfaat.
Tag : Puasa
0 Komentar untuk "Jangan Lupa Besok Puasa Arafah 2017. Ini 5 Manfaatnya !"

Back To Top